Support

Jumat, 26 Februari 2016

Filled Under: , , , ,

Pariwisata Papua Itu Indah

Wisata Papua .com


JAYAPURA  — Papua itu indah. Masih banyak obyek wisata di Provinsi Papua, terutama yang berada di daerah pedalaman masih belum dipromosikan karena terkendala sarana dan prasarana.

Hal itu dikatakan Kepala Seksi Promosi dan Pelayanan Informasi, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Papua, Fidela Rettob kepada wartawan di Jayapura, Selasa (12/5).

Ia menjelaskan, Provinsi Papua sebenarnya mempunyai banyak obyek wisata menarik mulai dari wisata alam dan wisata budaya yang sangat potensial untuk dikembangkan.

"Kesulitan kami untuk mempromosikannya adalah karena letak geografinya yang sulit dijangkau dan belum adanya sarana akomodasi di sekitar obyek wisata itu," katanya.

Pemerintah Provinsi Papua sendiri, tambahnya, selama ini telah gencar memberikan promosi tentang tempat wisata di Papua, tetapi hanya terbatas pada obyek wisata yang sudah cukup dikenal, seperti festival Lembah Baliem, Danau Sentani, dan pendakian puncak Gunung Carstenz.

"Sebenarnya kita sudah punya rumah promosi Papua di luar negeri, seperti di Frankfurt Jerman dan di China, sementara untuk saat ini sedang direncanakan untuk dibangun di Amerika dan Afrika," ujarnya.

Fidella mengungkapkan hal yang utama yang harus dibenahi di Papua sebelum melakukan promosi obyek wisata adalah membangun sarana dan prasarana berupa jalan maupun tempat penginapan di areal wisata yang akan dipromosikan.

"Tidak kalah pentingnya adalah bagaimana membina sumber daya manusia (SDM) masyarakat di sekitar tempat wisata agar menerima para wisatawan," tambahnya.

Lebih lanjut, Fidella juga mengharapkan bantuan semua pihak terkait untuk mempromosikan banyaknya obyek wisata di Papua yang belum dikenal. "Hal ini bukan saja menjadi tugas pemerintah tapi semua pihak untuk mengenalkan potensi Papua ke dunia luar," tambahnya.

smbr:kompas.com

#wisatapapua 
Salam 
Wisata Papua

0 komentar:

Posting Komentar